Mehter, Marching Band Tertua Di Dunia

Marching band, seperti yang kita semua ketahui adalah salahsatu bentuk pertunjukkan hiburan yng telah ada sejak lama. Sejarah mencatat bahwa asal usul marching band berasal dan besar dari dunia kemiliteran sebagai simbol dari kemegahan & keberanian,walau banyak juga pengamat memprediksi bahwa cikal bakal marching band sebagai sebuah pertunjukkan orkes berbaris telah muncul dari jaman purba atau tentunya saat alat-alat musik mulai muncul dan dapat dinikmati di muka bumi.

Mehter, sebuah band permainan instrumen di jaman kerajaan Turki Utsmani tercatat sebagai marching band tertua di dunia. Mether (dikenal pula dengan sebutan Mahtar dari Bahasa Persia) diperkirakan telah ada sejak Abad ke 8 dan mulai eksis secara resmi sebagai Band Orkes berjalan untuk Kerajaan Utsmani pada Abad ke 13. Para pemain band tersebut direkrut terutama dari pasukan khusus yang dimiliki Utsmani, yaitu Janissary. Sejak abad ke-16, gagasan marching band militer -yang dimulai & di populerkan dari Mehter – mulai diperkenalkan ke seluruh kesatuan militer di dunia. Musik yang dimainkan oleh Mehter juga telah menjadi inspirasi beberapa musikus/komposer klasik terkenal Eropa seperti Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart, hingga Ludwig van Beethoven.

Peran Mehter pada dunia Kemiliteran mulai meredup Pada tahun 1826 dan mencapai puncaknya pada pertengahan dan akhir abad ke-19 ketika Utsmani menjadi “Sick Man of Europe”. Pada tahun 1911, Direktur Museum Militer Istanbul mencoba membangkitkan kembali tradisi Mehter ini, dan akhirnya kembali tampil secara penuh pada tahun 1953 untuk merayakan 500 tahun Jatuhnya Konstantinople ke tangan Sultan Muhammad al-Fatih dari Kesultanan Utsmani. Saat ini Mehter adalah marching band Angkatan Bersenjata Republik Turki. Musik Mehter banyak digunakan pada upacara negara dan kemiliteran sebagai pengingat heroisme masa lalu kejayaan Turki Utsmani.

(sumber: http://marchinggeek.com/mehter-marching-band-tertua-di-dunia/ )

Author: mbbstmkg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *