Marching Band Bahana STMKG

Marching Band Bahana Sekolah Tinggi Meterologi Klimatologi dan Geofisika (sebelumnya bernama Akademi Meteorologi dan Geofisika) berdiri pada tahun 2007, tepatnya pada bulan Oktober. Pada awal berdiri, Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika beranggotakan 30 orang taruna/i, yang berasal dari taruna/i tingkat II dan tingkat I pada saat itu yang telah terpilih melalui beberapa tahapan seleksi. Pada 3 (tiga) bulan pertama, anggota Marching Band hanya melakukan latihan fisik dikarenakan belum datangnya alat pada waktu itu. 1 Januari 2008, Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika mulai melaksanakan latihan rutin dengan menggunakan peralatan Marching Band. Latihan ini dilaksanakan 2 (dua) kali dalam seminggu, yaitu pada hari Selasa dari jam 19.00 – 21.00 dan pada hari Sabtu dari jam 13.00 – 17.00. Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika dilatih oleh 3 (tiga) orang pelatih, serta 1 (satu) orang pembina.

 

Jajaran pelatih dan Pembina Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika (pada saat itu), diantaranya:

– Pelatih :

1. Ir. Muhammad Abrar Arifin, M.Si
2. Faisal Darmansyah
3. Edwin Widyanto

– Pembina : Yusuf Budiman

Seiring dengan penambahan jumlah alat Marching Band, maka dilakukan penambahan jumlah anggota menjadi 41 orang yang terbagi menjadi 18 orang Perkussi, 15 orang Hornline, 6 orang Colour Guard dan 2 orang Stickmaster/Majoret beserta Field Commander.

Penampilan pertama Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika adalah pada tanggal 07 Juli 2008, yaitu sebagai Korsik pada Upacara Bendera Awal Bulan Juli di kampus Akademi Meteorologi dan Geofisika. Setelah itu, Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika selalu bertugas menjadi Korsik pada Upacara Bendera setiap awal bulan di kampus Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Sedangkan untuk show perdana Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika adalah pada tanggal 17 Agustus 2008 pada Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63. Penampilan ini adalah saat yang paling dinantikan oleh taruna/i anggota Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika. Untuk penampilan ini telah dilakukan latihan intensif sebelumnya selama sekitar 3 minggu dengan penambahan jumlah hari latihan menjadi 3 kali dalam  seminggu.

Selain menjadi Korsik pada Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63, Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika juga mempersembahkan beberapa lagu dengan display gerakan, yaitu lagu “Colonel Boogey”, “Maju Tak Gentar”, “Mars AMG” serta lagu daerah “Gundul-gundul Pacul” dan “Sinanggar Tullo”. Lagu “Colonel Boogey” merupakan sebuah persembahan khusus dari Marching Band Bahana Akademi Meteorologi dan Geofisika karena lagu itu harus kami persiapkan 1 (satu) minggu sebelum pementasan.